Wednesday, August 24, 2016

Stephen Hawking Bahaya Artificial Intelligence

Profesor Stephen Hawking, seorang ilmuwan terkenal, belum lama ini memperingatkan tentang robot yang dibuat dengan kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI) bisa suatu hari nanti akan memusnahkan umat manusia. Ia mengatakan kepada BBC dalam sebuah wawancara bahwa perkembangan penuh teknologi kecerdasan buatan bisa bermakna berakhirnya dominasi umat  manusia.

Stephen Hawking Bahaya Artificial Intelligence

Hawking yang merupakan seorang ahli kosmologi itu saat itu sedang berbicara tentang pembaruan aplikasi yang ia gunakan untuk memungkinkan ia berkomunikasi. Hawking sejak lama menderita penyakit syaraf motorik yang dikenal dengan nama ALS sehingga membutuhkan perangkat teknologi khusus untuk berbicara dan berkomunikasi.

Update tersebut akan memungkinkan aplikasi menebak kata-kata yang mungkin ia ingin gunakan berdasarkan apa ia bicarakan sebelumnya.

Hawking mengatakan bahwa kecerdasan buatan membantu banyak orang. Ia mengatakan Ai saat ini masih pada tahap permulaan dari perkembangannya, akan tetapi semakin canggih nantinya ia akan bisa mengancam keberadaan umat manusia.

Hawking mengatakan bahwa AI bisa membunuh eksistensi manusia, lalu ia akan mendesain kembali dirinya sendiri lebih canggih lagi.

Sementara itu manusia yang dibatasi lambatnya perkembangan biologis, tidak akan bisa menandinginya.

Profesor Hawking memberikan peringatan serupa pada April 2014 dengan menyebutkan bahwa siapapun bisa membayangkan teknologi yang sangat canggih dalam mengendalikan pasar finansial, melakukan riset-riset hebat dibanding yang pernah dilakukan manusia, mampu menguasai para pemimpin dunia, serta mengembangkan senjata-senjata yang bahkan manusia tidak akan bisa menguasainya.

Info tentang Stephen Hawking Bahaya Artificial Intelligence di atas bersumber dari:

  1. https://masbadar.com/bahaya-robot-dengan-kecerdasan-buatan-menurut-stephen-hawking/
Post a Comment